Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Pengalaman yang sangat mengesankan bersama teman-teman Sabana Kebun Tebu

on October 11, 2008

hmmm………..sedikit intro yang ditulis Kak Huzer untuk menggambarkan Sabana Kebu Tebu:

“Akhirnya,  sampailah pada  suatu petang di Awal Mei 2008. Di
sebuah  sudut  Jakarta,  kami  memulai  sesuatu  yang  rasa-rasanya  jauh
dari  segunung  berita  media,  terluput  dari  statistik  versi  negara  dan
sejenisnya  serta  tak  terlalu  hirau  dengan  teori-teori  canggih.  Kami
memulai  sebuah proses  belajar bersama di  sebuah  ruang belajar  yang
kami namai SABANA yang merupakan akronim dari Sanggar Belajar
Alternatif.  Di  sebuah  kampung  yang  rasa-rasanya  tak  banyak  kita
kenal, KEBUN TEBU.”

Hal pertama yang terlintas ketika menginjakkan kaki disana adalah ya Allah betapa beruntungnya hidup gue….
Excited banget rasanya waktu diajak mba Cumi untuk datang berkunjung kesana, dengan semangatnya gue mengumumkan ke temen-temen BYEE batch 5
kalo ada undangan untuk kesana
So..jadilah gue, Edo, Dani, Doni, Sina yang berencana akan datang kesana. Janjian di depan Museum BI, Kota ya…begitu kata mba cumi.
Akhirnya pada hari itu dengan semangatnya gue naek bis sendiri ke kota..(yup ini pertama gue naek bis sendiri ke kota)
Disana ketemu sama Edo & Dani..senengnya ketemu mereka, si Edo bawa mobil lengkap dgn supirnya jadilah kita Sabana dgn mobilnya Edo.

finally nyampe sana…gue baru liat kali yang sekotor itu..atau tepatnya sungai sekotor itu. Daerah penjaringan emang parah banget dalam hal pembuangan limbah
. Sungai-sungai disana udah ter-polluted banget!! Kondisinya sesuai banget dengan puisi yang gue denger dari bang Huzer pas waktu malem di Ecocamp.
Kita berjalan menyusuri gang-gang sempit dan becek..(hal yang ada dalam hati gue adalah betapa banyak yang harus gue syukuri dalam hidup)
Akhirnya sampai juga di Sabana, disana telah berkumpul banyak anak-anak yang menyambut kedatangan gue n temen2.
Bang Huzer mengajak anak-anak untuk mulai memperkenalkan diri…dan gantian gue n temen2 memperkenalkan diri. Kayanya mereka seneng banget dgn kehadiran gue n temen2
Hal pertama yang kita berikan ke mereka adalah pelajaran Siklus air dari Dani. Dani ngejelasin ke anak-anak ttg proses terjadinya air hujan.
Anak2 Sabana excited banget ngedengerin si Dani sampe si Dani bingung menjawab berbagai pertanyaan mereka.


next gue diminta untuk menceritakan dongeng ke anak-anak..(wuih udah lama gue gak bacain dongeng-kalo gak salah terakhir kali ngedongeng di SMA pas lagi tes story telling Pelajaran B.Inggris)
Gue ngedongeng buku ttg seorang Badak yg dideportasi dari habitatnya di hutan kemudian dijadikan objek wisata di kebun binatang ragunan(tragis banget ya’…)

Nah si Edo bikinin gambar Pongo untuk anak-anak(hehe..teryata jago gambar juga loe Do!).
Nggak lama setelah itu mba cumi ngajakin kita & anak2 untuk berdiri n nyanyi lagu kebangsaan Sabana bunyinya seperti ini(nadanya seperti lagu”Lihat Kebunku”):
LIHAT KEBUN TEBU//ITULAH KAMPUNGKU
ADA SUNGAINYA//DAN ADA RUMAHKU
SETIAP HARI // KUBERSIHKAN SLALU
INGIN RASANYA//KUJADIKAN INDAH


Next lagu Teko Kecil(gue seneng banget sama lagu ini-really exciting!)

Nggak lama setelah itu Edo, dani pada mau pamit..wait for me..gue ikut ya. Gue juga ikut pamit karena emang nggak bisa lama2 karena disuruh dateng ke acara keluarga
di rumah Mbah gue di daerah Rawasari,Jakpus. Sedih juga harus cepet2 pamit padahal lagi excited banget anak2nya ….
Setelah dianter dengan supir bersama Edo &Dani…akhirnya gue berpisah dengan mereka.Semoga masih bisa diberi kesempatan berkunjung lagi ke Sabana


Leave a Reply

