Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

PC Hemat Listrik

on November 11, 2008

komputer menjajah dunia

Siapa sih yang saat ini belum pernah menggunakan yang namanya komputer??

Naah…ngomong-ngomong soal komputer tau gak seeeh kalau benda yang satu ini punya andil besar dalam konsumsi energi listrik..kan saat ini lagi gembar-gembornya yang namanya pemanasan global, perubahan iklim, juga pemerintah Indonesia yang menganjurkan masyarakat untuk mengemat pemakaian energi. Di sisi lain yang namanya penggunaan komputer meningkat drastis di kalangan masyarakat Indonesia, semakin banyak keluarga Indonesia yang setidaknya memiliki sebuah PC/laptop di rumahnya.

Nah gimana nih upaya meminimalisir pemborosan energi karena pemakaian komputer, karena kita juga nggak mungkin kan hidup tanpa komputer apalagi saya yang merupakan mahasiswa jurusan ilmu komputer, pasti tiap hari bisa berjam-jam nyalain komputer. Alternatif solusinya adalah dengan Green Computing. Green Computing menawarkan solusi tekonologi yang ramah lingkungan dengan memaksimalkan efisiensi, baik listrik, kertas, maupun sumber daya lainnya. Penghematan besar yang dapat dicapai dari penerapan Green Computing ini telah dibuktikan oleh riset yang dilakukan oleh Ohio University dan telah sukses diterapkan di berbagai instansi, baik universitas maupun perusahaan terkemuka di Amerika Serikat.

Namun tidak dapat dipungkiri, ketertarikan pengguna untuk mengadopsi Green Computing lebih dikarenakan keuntungan dari sisi ekonomis. Salah satu yang diusung Green Computing adalah efisiensi penggunaan catuan daya yang memungkinkannya untuk menekan operational cost.

Menurut Pakar IT, Rommy Satrio Wahono, pada prinsipnya Green Computing terkait dengan tiga rangkaian entitas diantaranya: Pertama, dari sisi perangkat keras. Perangkat keras yang termasuk Green Computing sudah memiliki fitur power management, ini bisa kita lihat pada sertifikasi progran Energy Star pada perangkat keras.

Kedua, dari sisi perangkat lunak Penghematan ini terjadi ketika OS secara otomatis mematikan periferal seperti monitor dan pengendali hard disk setelah komputer tidak aktif selama periode tertentu, atau proses hibernate pada komputer laptop. Semua ini akan terjadi kalau pengguna mengaktifkan fitur tersebut. Nah kalo mau mulai menerapkan green computing coba deh download software Faronics Power Save dan Local Cooling 2 , kedua software tersebut adalah software-software yang telah saya uji kemudahan, efektifitas, dan kebenaran hasilnya untuk mengefisienkan penggunaan energi pada komputer.

Software Faronic Power Save dan Local Cooling 2 menyediakan fitur-fitur yang mampu menekan jumlah energi pada pemakaian komputer.

Fitur-fitur tersebut diantaranya:

• Menonaktifkan PC ketika computer sedang pada kondisi tidak aktif ditinjau dari pemakaian disk(Disk Utilization), pemakaian CPU(CPU utilization), bekerjanya aplikasi(Applications running). Bentuk pe-non-aktif-an tersebut berupa pengubahan kondisi PC menjadi standby, hibernate, dan shut down.

• Dapat mengatur parameter-parameter yang mengaktifkan fitur pe-non-aktif-an PC seperti mengatur presentase CPU dikatakan tidak aktif, mengatur lama interval waktu yang untuk mengaktifkan fitur pe-non-aktif-an PC

• Membuat laporan penghematan energi yang telah dilakukan. Bentuk satuan yang digunakan diantaranya seperti jumlah Kwh, batang pohon, atau air yang telah dihemat caranya

canggih kan softwarenya….Nah kalo gak mau repot2 download n instal bisa juga setting power management sendiri caranya:

  • Buka Conrol Panel
  • Pilih Performance & Maintenance
  • Pilih Power Option
  • Atur nilai setting seperti ini:

parameter

Dengan melakukan ini setidaknya kita dapat menghemat pemakaian energi listrik dalam penggunaan komputer…kalo tiap hari bisa hemat 0.01 Kwh kan lumayan tuh kalo sebulan bisa 0.3-1 Kwh yang bisa dihemat….

Green computing juga mencakup aspek dari sisi pengguna yaitu: individu dan organisasi. Sebenarnya faktor inilah yang menjadi masalah utama dalam mewujudkan green computing, karena menyangkut kepedulian individu (kemampuan dan kamauan) dan kebijakan organisasi, yang pada gilirannya akan membentuk kultur organisasi.

Dari sisi individu, setiap orang harus memiliki kepedulian untuk mengaktifkan fitur power options yang sudah disediakan pada setiap perangkat komputer yang berada dalam tanggung jawabnya juga dalam hal pemakaian kertas, kalo bisa usahakan pemakaian kertas dua-sisi. Karena dengan menghemat kertas kita sudah turut mengurangi penebangan pohon di hutan-hutan Indonesia.


5 responses to “PC Hemat Listrik

  1. Wah…
    Ide bagus tuh. Bisa ga dibikin tutorialnya, cara nginstall programmnya, make-nya terus, tutorial kalo ga pake program itu.

    Nah, tutorialnya kamu bisa share di IlmuGratisan.com. Keren tuh….😎

  2. puspa, kan ada dua kategori di gambar puspa: turn off … ama system….
    di gbr itu, kan di setting turn of harddisk kalo ga dipake setelah 30 menit
    nah koq system hibernatesnya baru setelah 3 jam?
    ~btw, koq tulisannya ngebold ya puspa?

  3. akeminissa says:

    # agung: ok Gung Insya Allah saya buatin tutorialnya..

    # Yans: sebenarnya parameternya terserah user ..kalo Yans mw hibernates tiap 20 menit juga boleh…gambar itu cuma contoh aja…selamat mencoba!!

  4. Silence Heart says:

    maaf yah mba puspa saya hanya memberikan saran.

    sepertinya pembahasan diatas lebih cocok untuk judulnya PC Sehat. Soalnya Green Computing pembahasannya cukup luas tidak hanya mencakup mengenai komputer, tapi dari segi, semua teknologi.

    cmiiw

  5. akeminissa says:

    @silence heart: ok Trims makasih atas sarannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: