Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Starting for a Healthy Life..

on November 22, 2008

Akhir-akhir ini saya lagi kerajingan makan yoghurt,beras merah dan minuman teh hijau..berawal dari sebuah artikel yang saya baca dari
sebuah majalah remaja(Go Girl..boleh pinjem dari temen ..isinya kebanyakan fashion gak penting wkwkwkwk!!)

Dulu waktu saya kecil, Ibu sering membuat yoghurt di rumah, rasanya sih emang agak2 asem tapi supaya enak biasanya ditambahin susu coklat atau madu.
Tapi sekarang Ibu saya udah nggak pernah bikin lagi..huhu jadilah saya beli di supermarket terdekat (biasanya sih beli activia atau cimory yang setengah liter)
Paling bagus sih kalo yoghurt Plain(yang tawar gak ada rasa asem doang..), rasanya emang nggak enak tapi manfaatnya paling besar.
Sebaiknya pilih yoghurt yang fat free(yah itu buat yg nggak mw tambah ndut..termasuk saya niy hehe)

Menurut sebuah artikel yang saya baca dari internet,yoghurt mengandung bakteri “baik” seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
yang dapat memperbaiki keseimbangan flora di saluran cerna. Manfaat Yoghurt diantaranya dapat mengurangi kolesterol sekitar 27-38 persen dan sebagai
antikanker saluran cerna

Nah kalau untuk beras merah saya nggak terlalu sering konsumsi ,kalau lagi di kosan aja..trus sekalian deh dibawa buat bekal makan siang.
Manfaat beras merah diantaranya untuk mencegah sembelit, mencegah/meredakan meredakan gejala asma,
terhindar dari risiko terkena penyakit jantung, kanker, kegemukan, dan diabetes.
Beras merah ini kalau udah dimasak sama seperti nasi cuma bedanya agak lebih kasar karena kandungan seratnya yang lebih banyak.

Kalau teh hijau bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
mengurangi stress, menghilangkan kelelahan dan keletihan, mencegah timbulnya penyakit kanker, membantu menurunkan berat badan
sebagai anti radang tenggorokan, mencegah osteoforosis, mencegah timbulnya alergi.
Dari dulu saya sudah mengonsumsi ini bahkan punya pengalaman menarik karena sampai harus ke dokter karena tekanan darah saya pernah drop banget
gara-gara kebanyakan minum teh hijau, tetapi baru mulai minum lagi  akhir-akhir ini tentunya nggak banyak2
paling setermos sehari(hahahaha..tapi nggak setiap hari lho!). Oh ya sebaiknya kalo minum teh hijau yang masih dalam bentuk daun
karena lebih besar kandungan manfaatnya. Kalo yg udah di botol kemasan n udah ditambahin gula
manfaatnya jadi kurang terasa.

Dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat menjadi bentuk usaha kita
dalam mensyukuri karunia dari Allah yakni kesehatan tubuh kita. Alhamdulilah selama ini saya nggak pernah ngerasain yang namanya
harus dirawat di rumah sakit atau sakit yang berkepanjangan sampe berhari-hari,
paling sakitnya sekedar flu,batuk, masuk angin, demam, tapi paling cuma sehari
(kecuali flu n batuk bisa sampe 2 minggu..hahahaha itu karena nggak mau minum obat)

Selain mengosumsi makanan n minuman di atas saya juga selalu membisakan diri untuk konsumsi vitamin C…apapun bentuknya..
bisa dari permen hisap vitamin C, minuman jeruk hangat, Jus tomat,suplemen vitamin(biasanya sih ester-C)
atau makan jeruk/tomat/apel(ini kalo lagi di rumah ,kalo di kosan sih mana ada yg kaya gini)

Saya terkadang suka bingung kalau ngeliat orang yang ngerokok atau merasa kasihan dengan orang yg ketagihan narkoba/alkohol…
karena mereka sudah dikasih sama Allah badan yang seger n sehat koq malah dirusak dengan hal-hal yang kaya begituan..ih nggak gue banget deh!!
mendingan duitnya buat beli sayur, buah, yoghurt, teh hijau, beras merah, madu, susu, dll..kan lebih enak n sehat tuch!!
(wkwkwkwk..atau disumbangin kek buat anak2 yg putus sekolah, janda-janda miskin, mesjid terdekat yg mw rusak…dll!!)


3 responses to “Starting for a Healthy Life..

  1. Ikpoe says:

    Jangan lupa olahra rutin juga, pus. Itu salah satu yg sering dtinggalkan mahasiswa trmasuk saya😀

  2. ginanjarck says:

    Informasi yang sangat bermanfaat…Makasih pus. Saya baru tau kalo beras merah bukan beras biasa, kirain cuma beda warna aja.

    (kecuali flu n batuk bisa sampe 2 minggu..hahahaha itu karena nggak mau minum obat)

    Sama, saya juga ga mau. Semakin kita minum obat, maka semakin berkurang juga kekuatan antibody kita. (analisa ngasal..hehe)

  3. ginanjarck says:

    Btw, blognya puspa saya linki ya…

Leave a Reply

