Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Living in Univ.Malaya

on January 4, 2009

saya dan adik berfoto di depan DTC UM

Hmm…sudah beberapa hari menjalani kehidupan di Univ.Malaya ini tertarik untuk menuliskannya ke blog. Beberapa perbedaan yang saya alami selama menjalani hari-hari di kampus ini:

· Harga kamar College/asrama
Kalo waktu di asrama UI dulu harga per kamar sebulannya sekitar 200rb rupiah untuk sendiri disini harganya sekitar 200RM untuk bertiga which is setara dengan 600rban lebih..

· Fasilitas
Ada harga ada kualitas…ya kalau dari fasilitas di college ini emang lengkap banget. Dari mulai ada wireless hotspot gratis, ada dispenser hot-cold water, ada mesin cuci langsung kering (tapi harus masukin 3 ringgit dulu), ada setrikaan yg bisa dipake bareng untuk 4 kamar, ada mini fitness center berisi alat2 gym yang bisa dipake sesukanya, depan college ada pusat sukan(olahraga) yang terdiri dari lapangan tenis n kolam renang(all 4 free)

· Kamar
Disini saya sebilik sama 2 orang mahasiswa S2 asal Malaysia(alhamdulilah dapet sesama org muslim). Mereka sangat menyenangkan dan baik hati…namanya Kak Mira dan Nurul. Sebenarnya harga per kamar 600RM tapi krena bertiga jadi 200RM/orang. Kalau di asrama UI dulu pas jalan-jalan sekitar asrama ketemunya kalo nggak sama mahasiswi asal kebumen, lampung, minang, atau banten…sekarang di college ketemunya sama mahasiswi asal pakistan, jepang, cina, yaman, yordan,malaysia,dll..tapi ada beberapa yang dari Indonesia juga. Karena saya di college yang international jadinya banyak yang berasal dari negara lain

– Waktu sholat

Awal-awal agak aneh juga..disini baru shubuh sekitar pukul 5.40 , jam 6.30 masih gelap banget. dzuhur jam 13.20an, ashar jam 16.20an. Trus magrib sktr jam 19.20, jadi jam 20.00 langit baru bener2 gelap.

· Kantin
Ngomongin soal kantin gak jauh2 dari urusan makanan n minuman. Disini makanan yang paling murah adalah nasi lemak(mirip nasi uduk tapi isinya Cuma timun ,sambel, n ikan asin kecil2) harganya cuma 1RM(tapi kalau di Indonesia harga segitu udah dapet nasi uduk komplit pake telor). Makan di kantin minimal habis 2 RM-sekitar Rp6.500 (itu juga untuk makanan nasi lauk paling murah n kalo minumnya air kosong, alias air putih)..yah memang hidup disini biayanya lebih tinggi dari di Indonesia. Waktu di asarama UI dulu Rp7000 aja udah bisa pake ayam plus minum es teh). Di kantin juga tersedia masakan dari berbagai negara seperti masakan Western, masakan Arab , Thailand dan India. Iseng-iseng nyobain masakan-masakan tersebut selama saya stay disini masakan western gak ngenyangin karena pake mashed potato doang gak pake nasi, masakan India bikin perut mules karena bumbu karinya yang banyak n pedes banget, masakan arab rasanya minyak zaitun banget n rada tawar, masakan Thailand lumayan pas apalagi Tom Yam seger banget tapi masakan Indonesia tetep best lah ..huhu jadi kangen ayam bakar, sate padang, bakso, n tempe goreng karena disini makanan-makanan tersebut langka. Oh iya kalo pesen es teh disini ngomongnya teh-o ais, kalo teh doang pasti dikasihnya teh susu.

· Bahasa
Disini mau komunikasi kayanya ribet banget…sama temen sekamar aja sering hah heh? Apa? Ngomong apa sih? Tapi lama kelamaan terbiasa juga dengan bahasa melayu ..lumayan banyak perbendaharaan kata yang udah saya tahu, misal berjimat= berhemat, seronok=menyenangkan/seru, baldi=ember, bila= kapan, de el el deh..awalnya saya sempet shock juga ternyata orang sini kalo ngomong cepet banget n gak jelas kata yang diucapin plus saya masih suka manggil orang dengan sebutan mas/mba. Saya pernah manggil orang beberapa kali dengan mas/mba koq orangnya gak nengok-nengok ya iyalah gak nengok disini panggilannya itu pake ‘cik’kalo perempuan ‘makcik’ kalo laki-laki ‘pakcik’ tapi saya sih keseringan manggil ‘cik’ aja. Kalo orang melayunya bisa bahasa inggris mending pake bhs. Inggris deh.. Tapi kalo gak bisa yah pake bahasa indonesia yang sok di-melayukan aja tapi itu juga terdengar aneh

· Bus Kampus
Bas kampus alias bis kampus disini oks banget. Selama di UI kebanyakan bikun kan jarang ada bangkunya(paling bikin jepang aja yang oke) tapi disini hampir semuanya seperti bis pariwisata(bangkunya nyaman, full-ac, n ada TV nya). Jumlahnya juga cukup banyak dan jarang banget nggak kebagian tempat duduk sampe harus berdiri karena kebanyakan mahasiswa disini sepertinya bawa mobil atau motor jadi bis kampus kurang begitu banyak digunakan. Tapi keberadaan bis ini penting banget …kalo nggak bisa pegel-pegel kaki karena harus jalan jauh banget. Kampus ini kira-kira luasnya 3 kalinya UI(bayangin aja gimana gedenya..). Ini kondisi bis kampusnya dari dalam..oks bgt khan?

bas UM

· Hutan kampus
Wuih hutan di kampus ini lebat n masih original abis…sampe2 masih banyak monyet yang hinggap di pohon-pohon hutannya. UI kalah hutannya sama disini..padahal kalo ngeliat hutan disekitar asrama n hollywood UI kayanya udah lebat banget tapi disini hutannya dua/tiga kali lebih besar n lebat dari UI…ckck. Saya pernah ngeliat segerombolan monyet nyampe kali sekitar 20an turun dari pohon n pindah ke pohon lainnya. Ada juga monyet yang maen2 ke college kediaman saya(hiiii..syerem)…waktu itu dia lagi ngorek2 tempat sampah mungkin lagi nyari makanan…jadi terbiasa liat monyet disini hahahaha…

– Jumlah asrama

Disini jumlah asrama nya ada 12 (banyak banget kan kalo dibandingin sama UI..). Masing-masing asrama jaraknya cukup berjauhan. Asrama ke-12 sepertinya yang paling besar(sampai 10 lantai, untung aja ada lift kalo gak ****). Kantin di asrama ke-12 juga sangat lengkap, tersedia berbagai macam kedai penjual makanan & minuman dgn harga berkisar 0.5 RM- 4 RM..buat mahasiswa sini cukup murah meriah lah tapi kalo di-rupiahin sih jatohnya mahal…yg menyenangkan adalah disini makan dengan tangan adalah hal yg biasa, jd tersedia tempat cuci tangan di sekitar kantin

– buku teks kuliah

sepertinya kegiatan kopi-mengkopi buku jarang sekali disini. Kebanyakan mahasiswa sini afford buying original copy buku kuliah. Untuk beli buku kuliah juga cukup mudah karena ada toko yang nyediain berbagai macam buku teks kuliah original di kompleks perdanasiswa(semacam pusgiwa).

– Lab komputer

Wuih kompi disini (fak.komputer dan IT UM )banyak banget yang nganggur beda banget sama fasilkom..hehe. Ini dia gambar fakultas saya..

FSKTM UM

– kegiatan asrama

Sudah beberapa minggu ini saya mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di asrama UM diantaranya kajian Islam setiap kamis malam. Acaranya dimulai dengan shalat maghrib berjama’ah kemudian dilanjutkan dengan berdzikir bersama atau mendengarkan tausyiah dari ustadz. Nggak nyangka ustadz disini masih muda2 ya..apa emang sengaja yg diundang yg masih muda ya..Salah satu ustadz yg pernah jadi pembicara masih kuliah di UTP lho..

acara di asrama

segitu dulu kalo ada yang menarik lagi di-update lagi…^^


9 responses to “Living in Univ.Malaya

  1. meri says:

    waw.. seru sekali sepertinya, Pus.

    Keep updating yah, ditunggu loh🙂

  2. kamal says:

    waah… seru ya…😀

  3. iLm@N says:

    asiik.. asiik..
    betapa beruntungnya kalian yang udah mencicipi bumi Allah lainnya..

    yang penting nanti jangan lupa oleh-olehnya ya.. (teuteup, hoho..)

  4. akeminissa says:

    alhamdulilah sampai sejauh ini cukup seronok…hehe..terima kasih atas comment2 nya friends..ditunggu saja ya oleh2nya ^^

  5. purniawan says:

    alhamdulillah banyak dapat pengalaman seru y disana? pelajari yang baik dari sana, bawa ke indonesia, ajarkan di indonesia, semoga pelajaran yang diraih disana dapat bermanfaat buat orang disini

  6. akeminissa says:

    @ipur: insya Allah sharing2 pengalaman n pelajaran nya akan ada di blog ini…

  7. suharjono says:

    sekarang di ui jg ada bus kampus yang kayak bus pariwisata warnanya beda sendiri abu-abu… walaupun cm satu.

  8. wah2… iya, di FB juga ada profil si risky.. iya dia temen sekamar..

    wah, di malay juga setahun ya?? hebat ni UI banyak exchange..

    Kul seperti biasa?? ambil brp sks?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: