Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Refleksi Sepulang ke Tanah Air

on May 2, 2009

Sepulang dari tanah air secara berturut-turut saya dihadapkan dengan dua hari fenomenal di tanah air,
Hari Buruh dan Hari Pendidikan, belum lagi berita menyedihkan tentang bocornya soal UN,
juga diculiknya seorang wanita Indonesia yang ramai dibicarakan bahkan ada yang menanyakan ke saya yang tidak mendengar apapun mengenai berita tersebut disana.

Senang sekali bisa kembali merasakan dinamika di fakultas dan di kampus tercinta,
menyerap energi mahasiswa Indonesia dengan segala keberagamannya..sungguh saya sangat merindukannya
Disana sangat berbeda…aktifitas kampus terasa hampa..hambar..kering..nggak dinamis..
Padahal sepertinya dulu saya merasa fakultas saya sangat tidak berdinamika..ternyata disana saya menemukan
yang lebih tidak berdinamika lagi..selesai kuliah kemudian pulang, lab dengan berpuluh komputer terbaru dibiarkan menganggur
karena mahasiswa lebih memilih langsung pulang karena mau internet dimana-mana juga ada nggak perlu ke lab.

Setelah 4 bulan lebih tidak pernah mencicipi kemacetan Ibukota(karena terbiasa menaiki monorel),
tidak merasakan gerahnya naik angkot (karena disana terbiasa naik bis AC/taksi Ac),
tidak menemukan pengamen atau pengemis di pinggir jalan(karena mengemis/mengamen dilarang disana bahkan dikenakan denda 500 ringgit),
ada kesedihan,kemarahan,ketidakadilan,yang saya rasakan
ingin rasanya saya berteriak….meneriakkan betapa bangsa ini sangat kaya,dengan beragam kebudayaan,kekayaan alam
tapi mengapa masih banyak saja rakyat yang dekat dengan kemiskinan..kebodohan
ada keinginan untuk memperjuangkan keadilan bagi saudara-saudara yang mencari sesuap nasi dengan menjadi TKI disana…
ada keinginan untuk memajukan pariwisata dan melindungi kebudayaan bangsa supaya bangsa lain tak sembarangan mengakui hak miliknya…
ada keinginan untuk memajukan perekonomian sektor kecil menengah supaya bangsa kita lebih baik tak menjadi TKI di luar tapi lebih memilih memajukan ekonomi di negeri sendiri…
ada juga keinginan untuk melanjutkan sekolah setinggi-tinginya…

saya seperti telah kembali dari sebuah liburan panjang dan sekembalinya dari liburan itu ,
mata saya terbuka lebar, hati saya lebih peka, telinga saya lebih tajam (agak lebay sih tapi ini beneran lho..),
liburan itu membuat saya mampu merefleksikan diri
memikirkan dengan jernih apa saja yang telah saya perbuat dan apa rencana-rencana saya ke depan.

Mungkin jika saya bertandang ke negara yang telah jauh maju dibandingkan tanah air sendiri seperti di benua Eropa atau Amerika,
saya tak dapat merasakan ini, tetapi karena saya mendengar bahwa dulunya negara kita jauh lebih hebat bahkan banyak dari mereka yang belajar ke negara kita,
dan saat ini saya merasakan betapa jauh tertinggalnya negara kita dari mereka, benar-benar membuat miris.

Ditengah berita kegemilangan prestasi Indonesia meraih juara teratas di kompetisi International Young Scientist di Polandia mengalahkan negara-negara Eropa dan Amerika
juga prestasi membanggakan Bang Shofwan Al Banna di ajang Student Award di Swiss,
keduanya merupakan bukti konkrit bahwa bangsa ini memang hebat..cerdas, bekerja keras..masih memiliki cita-cita dan harapan.

~I believe that one day, this country will be a great one,
trying to figure out what should we give to our country not what should we deserve…


2 responses to “Refleksi Sepulang ke Tanah Air

  1. kamal says:

    koq gak pernah kliatan pus di kampus

    “~I believe that one day, this country will be a great one,”

    very nice

  2. akeminissa says:

    Udah 3 hari ke kampus..tapi minggu ini harus pergi lagi dari kampus…mudah-mudahan bisa balik lagi dengan selamat ^_^

Leave a Reply

