Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Tips Berkunjung ke Negara yang Mayoritas Non-Muslim

on July 2, 2009

Sebagai seorang Muslim kita memiliki kewajiban setiap hari untuk melaksanakan shalat wajib, menghindari makanan haram, alkohol serta menjauhi kegiatan yang mengarah kepada perbuatan yang tidak disukai Allah.

Bagaimana jika pada suatu waktu kita mendatangi suatu tempat ketika hal-hal yang terlarang bagi seorang muslim menjadi suatu hal yang yang sah-sah saja serta tidak ada adzan/seseorang pun yang mengingatkan kita ketika tiba waktu shalat?

Jujur saja saya pernah mengalaminya…hari-hari itu dapat dibilang sebagai hari-hari ujian terberat bagi keimanan saya.
Padahal sehari sebelumnya saya masih berada di negara yang mayoritas penduduknya Muslim dan sangat Islami.

Hal pertama yang benar-benar diuji adalah waktu shalat yang sangat berbeda dan tidak adanya tempat shalat. Waktu shalat di tempat yg pernah saya datangi itu memiliki waktu shubuh pukul 3 pagi, dzuhur pukul 3 sore, ashar pukul 6 sore, magrib pukul 9 malam, dan Isya pukul 11 malam.
Bagi kaum lelaki banyak yang tidak bisa menunaikan shalat jum’at karena tidak adanya tempat untuk melaksanakan, juga dikarenakan jumlah muslim yang sedikit di tempat itu.

Saya pernah merasakan bagaimana rasanya shalat di dekat kamar mandi, di gerbong kereta, pesawat,dll.
Kalau ingat itu semua betapa saya merasa bersyukur kalau masih bisa menunaikan shalat di tempat yang baik secara berjamaah pula. Sungguh merupakan suatu nikmat besar yang sering kita abaikan.
Serta jangan lupa untuk membawa kompas, karena nggak bisa sembarang orang kita tanya dimana arah kiblat.
Waktu itu saya tidakmembawa kompas, jadi hanya mengandalkan intuisi saja..huhu sungguh menyesal kenapa saya nggak menyiapkan itu sebelum berangkat.

Hal kedua adalah tentang makanan halal.
Saran saya sebaiknya untuk sementara kita menjadi seorang vegetarian atau jika ingin memakan daging hanya memilih olahan ikan/seafood saja. Jika beruntung, kita dapat menemukan toko kebab milik orang turki yang halal di tempat itu.
Untuk membeli makanan usahakan agar kita selalu memeriksa ingredients-nya.
Hindari yang bertuliskan alcohol, wine, beer, lecithin(soya lecithin dibolehkan), Gluten/Gelatin, dan pork/lard.

Hal ketiga adalah tentang pergaulan sehari-hari. Sewaktu saya tinggal di tempat itu saya diberikan tempat tinggal bersama host yang merupakan pasangan kekasih yang tingal satu atap. Awalnya sangat terkejut ketika melihat mereka masuk dalam kamar yang sama dan saya diberikan kamar di sebelah kamar mereka.
Pergaulan bebas benar-benar terjadi di depan mata…sungguh merasa lemah iman ini karena hanya bisa menolak dalam hati saja.
Beer sudah seperti minum obat saja bagi mahasiswa disana , tiga kali sehari..pagi,siang, malam.
Setiap malam selalu ada yang namanya club malam di kampus..ada sekitar tiga club malam di kampus itu.

Suatu hari saya pernah diajak host dan teman-teman saya kesana, waktu itu rasanya antara pengen tahu dan takut dosa….
akhirnya saya memilih untuk menolak dan lebih baik internetan di kamar.
Benar-benar ujian iman..kalau nggak banyak-banyak ingat sama Allah, nggak tahu deh apa jadinya…

Akhirnya hal yang paling penting diingat bagi seorang Muslim yang akan berkunjung ke Negara yang Mayoritas Non-Muslim adalah perkuat iman dan taqwa..karena ujian disana benar-benar ada dihadapan mata kita sendiri,
baik pria maupun wanita ujiannya sama beratnya. Bagi Pria mungkin perbanyak jaga pandangan, karena pemandangan “tidak baik” disana ada dimana-mana.


3 responses to “Tips Berkunjung ke Negara yang Mayoritas Non-Muslim

  1. suharjono says:

    lakum diinukum waliaddin…

  2. aji says:

    hay aq aji,

  3. rodi edi says:

    emang betul sih..!! Apalagi waktu summer season banyak sekali aurat bergelimpangan di pantai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: