Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Belajar dari Negeri Ginseng

on November 22, 2009

Tulisan ini merupakan sebuah refleksi pembelajaran yang saya peroleh setelah mengunjungi negeri K dan membaca sebuah buku yang sangat hebat yang ditulis oleh Ann Wan Seng.

Mengutip pernyataan dari Ann Wan Seng bahwa beliau merasa tidak lengkap bila tidak menyertakan  resep negara Korea dalam buku yang ditulisnya, resep itu berisikan rahasia bagaimana Korea menjadikan negara mereka menjadi  bagian dari negara-negara maju yang perekonomiannya diakui saat ini. Walaupun bangsa Korea tidak memiliki latar belakang sejarah yang terkenal dan tidak memiliki kondisi geografis yang strategis, hal-hal tersebut tidak menghalangi kesuksesan dan kemajuan mereka dalam setiap bidang yang mereka geluti. Bahkan yang terjadi adalah sebaliknya, segala ketebatasan dan kekurangan mereka ubah menjadi faktor pendorong menggapai keberhasilan.

Bangsa Korea tidak lebih dikenal dibandingkan dengan Cina dan Jepang, hal ini mungkin disebabkan oleh keadaan geografisnya yang terletak jauh di utara dan minimnya informasi yang beredar mengenai rahasia kesuksesan bangsa ini.

Sayangnya, kebanyakan dari generasi muda Indonesia saat ini hanya menggemari bangsa ini dari sisi entertainment saja misal: film dan musik, tetapi kurang memahami bagaimana filosofi dari negara dan rakyatnya yang sangat penting untuk dipelajari jika bangsa Indonesia ingin jauh lebih maju lagi.

Hal-hal yang perlu kita ketahui diantaranya bagaimana tata kehidupan, cara berpikir, strategi, dan sistem yang tepat yang dapat mengubah sebuah bangsa konservatif menjadi bangsa yang dinamis dan inovatif.

Jika kita pernah merasakan sendiri detak kehidupan disana, kemungkinan besar yang kita rasakan adalah nuansa kerja keras dan kedisiplinan sebagai prinsip dasar yang mereka junjung dalam kehidupan.

Jika berkaca pada negeri sendiri dimana Indonesia memiliki luas wilayah yang lebih dari 10 kali lipat Korea Selatan. Lingkungan serta sumber daya alam yang dimiliki Indonesia pun sudah tak diragukan lagi.

Namun sayangnya, Indonesia masih belum mampu seperti Korea Selatan. Padahal Indonesia dan Korea Selatan merdeka pada tahun yang sama. Perbedaannya adalah, Korea Selatan mampu mengoptimalkan sumber daya manusia yang mereka miliki ditambah dengan semangat “Ppalli-ppalli”.

“Ppalli-ppalli” atau cepat-cepat telah tertanam di benak setiap warga Negara Korea Selatan. Hingga menjadikan masyarakat Korea Selatan menjadi individu yang tangkas dalam melakukan segala hal dan semuanya harus dilakukan dengan benar sekaligus cepat. Karena jika tidak cepat mereka akan terus tertinggal. Kata yang sederhana, namun memiliki arti yang mendalam hingga mampu menghantarkan Korea Selatan menjadi salah satu Negara macan Asia. Kapankan Indonesia memiliki semangat “Ppalli-ppalli” yang serupa dan menjadi salah satu Negara yang patut diperhitungkan di dunia?


3 responses to “Belajar dari Negeri Ginseng

  1. kamal says:

    hmm… menarik tulisannya

  2. akeminissa says:

    nantikan kelanjutan tulisan “Belajar dari Negeri Ginseng(2)”..🙂

  3. titi says:

    aku suka banget ma negeri ginseng, apalagi klo bisa krj or tinggal disna…….^^😀
    iya kapan yah indonesia bisa seperti negara Korsel??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: