Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Facebook Connect dan Implikasinya

on January 15, 2010

Saya lagi mendapat tugas untuk me-review bagaimana penerapan Facebook Connect untuk dunia online masyarakat Indonesia

Sebuah quote menarik dari Sheryl Sandberg, Chief Operation Officer of Facebook:

“Everyone is looking for ways to make their Web sites more social, They can build their own social capabilities, but what will be more useful for them is building on top of a social system that people are already wedded to.”

Secara umum, Facebook Connect akan sangat memberikan kenyamanan bagi user dalam proses awal pendaftaran ke sebuah situs karena user tidak perlu memasukkan berbagai macam data untuk sekedar login ke sebuah website padahal ia cuma ingin memberikan komentar .

Ada beberapa hal yang akan menjadi ‘additional value ‘ bagi Online Media Provider (penyedia online media) yang menggunakan Facebook  maupun bagi User sendiri.

Kemudian dari segi Marketing sendiri, Facebook Connect mampu memberikan efek ‘Social Marketing’ yang sangat ampuh bagi sebuah situs baru. Karena promosi jadi dapat dilakukan oleh member sendiri langsung ke teman-teman mereka di Facebook.

Untuk kasus situs penjualan seperti yang saat ini sedang saya kerjakan, Facebook Connect bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan user karena mereka bisa dengan cepat mengetahui informasi mengenai seorang penjual dengan melihat profilnya di Facebook.  Kalau penjual itu memang terpercaya dan memiliki profil di facebook yang jelas maka kredibilitasnya akan meningkat di mata konsumen yang akan membeli produknya.

Tapi yang masih belum jelas adalah kenapa hanya nama lengkap yang dapat ditangkap jika kita memanfaatkan Facebook Connect sedangkan email, lokasi, dan informasi lainnya nggak bisa padahal itu penting untuk pengembangan di masa yang akan datang.  Misalnya kalau suatu  aplikasi media dapat  menangkap lokasi user di Facebook untuk dimanfaatkan di aplikasi mereka, contoh kasus di Indonesia adalah Koprol. Koprol ini mungkin dapat memanfaatkan lokasi User Profil Facebook lewat Facebook Connect .

Hal yang perlu diantisipasi adalah bagaimana jika kelak pengguna Facebook sudah turun dan tidak aktif lagi, jangan sampai aplikasi yang kita bangun menjadi sangat tergantung dengan Facebook Connect.

referensi lain :

goingsocialnow

web2expo

vanelsas.wordpress.com


6 responses to “Facebook Connect dan Implikasinya

  1. ilmanakbar says:

    hehehe.. ini pasti buat bukalapak yak😀 *duh jadi inget belum sempet2 ngereview lagi bukalapak*

    gw juga belum pernah ngeksplorasi facebook connect, tapi setahu gw semua info pribadi di profile kita bisa di-fetch.. nah, yang tentang lokasi, karena kalo ga salah di Facebook juga ga ada field profile tentang lokasi, jadi ga bisa..

    coba di twitter connect deh, dia punya fitur geo-location gitu.. ngetrack lokasi darimana user ngetweet.. tapi cuma 0,23% user yg make fitur itu (lihat di http://www.sysomos.com/insidetwitter/geography/)..

    koprol udah ngebuka API-nya belum ya? kalo udah, bisa tuh dipake harusnya..

  2. akeminissa says:

    Iya tepat sekali Man,, hayo dibuat ya reviewnya.
    Lagi nyari cara gimana Facebook Connect bisa fetch info di profile User nih. Rencana sih cuma akan pakai Facebook Connect, karena pengguna Twitter di Indonesia belum sebanyak pengguna Facebook

  3. Ratna says:

    Brsyukur banget nemu tulisan mba ini. kelihatannya org nya mau berbagi. Subhanallah.. pngalaman ke LN bagus bener dgn kostum yg Islami bisa mmprlihatkn jati diri yg bagus.
    Mba, bisa ya sy mnta tlg, bgm bentuk contoh proposal yg diajukan u peruhaan swasta yg isinya ttg prmohonan dana penelitian pendidikan lingkungan hidup. Sehubungan di Kota saya sangat banyak perusahaan swata yg mesti nya mmg turut serta mmberi dukungn bgm lingkungan ttp dilestarikn melalui pendidikan sbg pembentuk peserta didik sbg calon masyrakat dewasa yg memiliki kesadaran tinggi. Tlg Ya

  4. akeminissa says:

    nanti saya coba carikan mba Ratna..boleh minta emailnya?

  5. Arthur Dias says:

    Facebook connect bisa dapetin informasi jumlah friends dari seseorang ga sih? soalnya kalau kita bisa tau berapa jumlah friends dari seseorang, pasti besar dan banyak banget impactnya untuk marketing.. apalagi kalo sampai tahu demographicnya (berapa cewe, berapa cowo).. Kalau informasi email memang setahu saya dari facebooknya sendiri melarangnya, dengan alasan privacy.. kan males juga kalo email kita banyak dapet SPAM gitu..

  6. akeminissa says:

    @arthur: sepertinya facebook connect saat ini belum secanggih itu ..mungkin sebentar lagi, kita tunggu saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: