Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Sekeping Kenangan Masa Kecil..

on January 23, 2010

Berawal dari keinginan tiba-tiba untuk mencari teman-teman masa kecil saya di Facebook….
Ternyata saya berhasil menemukan sebuah grup Sekolah saya dulu, Tonsley Park Primary School, sebuah sekolah dasar negeri yang terletak di sebuah kota kecil di Adelaide, Australia Selatan.

Semua kenangan tentang masa kecil yang begitu indah dan menyenangkan
kembali dalam benak saya. Masa-masa dimana saya mulai belajar membaca, menulis, dan bermain .

Saya masih ingat meskipun sedikit, waktu itu saya pernah mengikuti
lomba triatlon di sekolah, senang sekali rasanya melompat diatas trampolin, berlari kemudian meluncur di perosotan balon yang sangat empuk *sambil berkhayal :P*

Di sekolah saya suka sekali melukis terutama melukis menggunakan telapak tangan karena bisa main cat air sesukanya hehe……
Saya juga suka bernyanyi😀 ,  lagu Nursery Rhymes yang paling sering saya nyanyikan adalah lagu Jack & Jill dan lagu Humpty Dumpty, sampai kini saya masih ingat lirik lagunya.
Ini foto saya berada di tengah-tengah teman-teman sekelas dan para guru..

Saya juga ingat waktu itu pernah mengikuti sebuah festival kebudayaan Indonesia ketika acara tujuhbelasan disana. Saya bersama beberapa kawan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Tujuh Belas Agustus, dan lagu-lagu daerah lainnya.
Waktu itu umur saya sekitar 7 tahun. Tebak yang dimanakah saya?😛

Jika ada suatu perayaan hari besar seperti tahun baru , saya biasanya diajak ke pusat kota, disana ada karnaval mobil-mobil hias yang sangat indah. Karnaval biasanya berlangsung dari pagi hingga siang hari.

Kangguru adalah hewan yang paling terkenal disana, saya pernah diajak mengunjungi tempat penangkaran Kangguru beberapa kali oleh sekolah dan teman-teman orangtua saya. Disana kami diperbolehkan memberi makan Kangguru, lucu sekali melihat binatang itu melompat-lompat sambil membawa anaknya di perutnya.


Jika musim dingin datang, maka saya selalu diharuskan memakai mantel kalau keluar rumah. Siang hari di musim Winter terasa sangat dingin, apalagi malam harinya, biasanya rumah kami dipasangi heater tetapi akibatnya biaya listrik yang dikeluarkan menjadi lebih mahal karena untuk memasang heater memerlukan watt yang sangat tinggi. Ini foto saya dengan adik di musim Winter, kami berfoto di depan sebuah gedung(lupa gedung apaan, sepertinya sebuah katedral).

Saya juga ingat waktu itu saya pernah diajak oleh ayah dan ibu saya jalan-jalan ke kota Melbourne dan Sydney. Kami menginap di rumah teman ayah saya yang tinggal di Melbourne.
Ini foto saya bersama kedua orangtua di depan Sydney Opera House.

Senangnya….kapan ya bisa kesana lagi bersama kedua orang tua…berfoto lagi disana setelah sekitar 15 tahun lamanya

Berikut merupakan sepenggal tulisan tentang pentingnya kenangan masa kecil , terdapat dalam buku The Brothers Karamazov yang ditulis oleh  Fyodor Dostoyevsky :

“Kamu harus tahu bahwa tiada satu pun yang lebih tinggi,
atau lebih kuat atau lebih baik,
atau pun lebih berharga dalam kehidupan nanti daripada
kenangan indah terutama kenangan manis di masa kanak-kanak.

Kamu mendengar banyak hal tentang pendidikan,
namun beberapa hal yang indah, kenangan berharga yang tersimpan sejak kecil adalah mungkin itu pendidikan yang terbaik.

Apabila seseorang menyimpan banyak kenangan indah di masa kecilnya,
maka kelak seluruh kehidupannya akan terselamatkan.
Bahkan apabila hanya ada satu saja kenangan indah yang tersimpan dalam hati kita, maka itulah kenangan yang akan memberikan satu hari untuk keselamatan kita.”


4 responses to “Sekeping Kenangan Masa Kecil..

  1. rodi edi says:

    Terharu sekali saya membaca, sekeping kenangan masa kecil ini. Bagaimana tidak baru enam bulan saya dan keluarga meninggalkan kota yang paling dicintai..ini kerinduan untuk kembali lagi begitu membuncah..di relung hati..terutama buat dua orang putriku yang saat ini saat ini berusia 6 dan delapan tahun. Limabelas tahun yang akan datang mereka akan berusia seperti anda saat ini. Dan itu pula barangkali yang akan mereka tuliskan untuk mengenang dan mengingat kenangan masa kecil, sekolahnya, teman sepermainannya di beleveu high primary school, rumah tempat tinggalnya yang berdekatan dengan pantai (brighton beach), jalan-jalan ke handorf farm barn, foto autum di mount lofty dan lain-lain. Semoga kenangan masa kecil ini akan membawa anak-anakku suatu hari kelak kembali lagi..ke adelaide..kota tercinta…

    Salam.

  2. akeminissa says:

    wah,,,senang sekali mendengar cerita Bapak& keluarga di Adelaide. Semoga Bapak sekeluarga senantiasa sehat & tentram selama disana. Kapan-kapan saya ingin sekali bisa berkunjung ke Adelaide lagi Pak..🙂

  3. Praga says:

    wah, Tonsley Park Primary School, sekolah saya waktu kelas 4 SD.
    Sedih rasanya sewaktu ada perpisahan dengan sekolah (Penutupan sekolah)

    Waktu itu saya juga ikut kegiatan pertandingan triatlon, masih ingat membedakan kelasnya dengan warna, waktu itu kelas saya pakai warna kuning.

    Foto saya waktu itu ada di baris keempat dari bawah, nomor 4 dari arah kiri (sweater biru strip putih).
    Adik saya baris kedua dari bawah, nomor 1 dari kiri (sweater merah maroon)

    iutu kalau gak salah pusat kebudayaannya waktu agustusan di Flinders University ya?

    Senangnya ada teman satu “kampung” yg upload foto di blog, saya juga upload foto2 di Tonsley di grup FB Tonsley, dan akhirnya bertemu dengan teman2 saya yg asli Australia itu,hehe,,,

  4. Author says:

    @Praga : wah senang bisa ketemu sama temen sesama murid Tonsley. Saya juga pengen ketemu temen2 yang waktu itu sekelas di Tonsley. semoga suatu hari nanti🙂

Leave a Reply

