Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Kiat Sukses IELTS

on February 20, 2010

Ujian IELTS lebih dikenal sebagai ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Australia atau Inggris.

Ujian IELTS memiliki beberapa kesamaan dengan ujian TOEFL, ujian IELTS juga menguji kemampuan seseorang dalam Listening, Reading, Speaking, dan Writing menggunakan bahasa Inggris.

Perbedaanya adalah IELTS memiliki 2 jenis ujian, yakni ujian Training Module(umumnya untuk orang yang akan bekerja di luar negri) dan Academic Module (untuk yang akan melanjutkan ke universitas luar negri).
Berdasarkan pengalaman setelah mengikuti IELTS, saya berkesimpulan bahwa ujian IELTS relatif lebih mudah dibandingkan TOEFL, karena materi yang diujikan banyak yang bersifat umum sehingga tidak terlalu sulit untuk dimengerti.

Meskipun begitu , persiapan yang baik untuk menghadapi ujian IELTS tetap sangat diperlukan terutama agar kita mampu menguasai strategi dari tiap bagian yang diujikan.

Bagian Listening
Listening yang terdiri dari 4 bagian, bagian 1 dan 2 merupakan soal yang relatif lebih mudah dibandingkan bagian 3 dan 4.

  • Lakukan prediksi.

Sangat dianjurkan agar kita mampu memperkirakan terlebih dahulu soal apa yang akan ditanyakan atau jawaban yang akan kita tulis.
Sebaiknya kita dapat langsung menebak tentang apa yang sedang dibicarakan, dimana, kapan pembicaraan sedang berlangsung,dan siapa yang sedang berbicara.

Dalam IELTS, kita diberikan waktu untuk membaca soal terlebih dahulu. Manfaatkan waktu tersebut untuk memprediksi jawaban apakah dalam bentuk kata verb, adjective, adverb, atau noun.

  • Kenali kata-kata kunci.

Kata-kata kunci biasanya memiliki intonasi yang berbeda dan cenderung ditekankan oleh pembicara.

  • Fokus pada informasi yang spesifik.

Dengarkan dengan baik jika ada nomer, tanggal, atau nama yang disebutkan. Kita juga harus mengetahui dengan benar bagaimana cara penulisan yang benar karena kalau format jawaban kita salah maka akan dianggap salah.


Bagian Writing

Bagian ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama meminta Anda untuk menjelaskan sebuah diagram atau tabel sedangkan di bagian kedua Anda diminta untuk menuliskan sebuah essay yang bersifat argumentatif.

  • Baca soal dengan seksama! pahami pertanyaan dengan baik, dan jawablah SEMUA yang ada ditanyakan.
  • Identifkasi penggunaan grammar yang sesuai untuk kondisi pertanyaan. Gunakan Past Tense jika pada soal menyebutkan tentang data sebelum tahun yang sekarang, dan gunakan present/present perfect untuk menyampaikan data yang memiliki kelanjutan ke masa depan.
  • Tiap paragraf harus memiliki topik utama.
  • Tulis kalimat utama yang lengkap dan menyeluruh yang mampu merangkum semua topik utama dalam tiap paragraf yang ada.
  • Lebih baik menggunakan pensil untuk menuliskan jawaban


Bagian Reading

Pada bagian ini terdapat 40 pertanyaan dalam 8 jenis bacaan yang berbeda.

  • Bacalah pertanyaan lebih dulu, sebelum Anda membaca bacaan sehingga Anda akan fokus hanya pada topik yang harus Anda ketahui.
  • Lakukan metode membaca skimming. Anda tidak perlu membaca keseluruhan bacaan, Anda cukup memperhatikan topik utama yang terdapat di bagian awal paragraf.
  • Setelah memahami dengan cepat isi bacaan, baca kembali pertanyaan dan perhatikan kata-kata kunci dari pertanyaan.
  • Perbanyak latihan mengerjakan soal supaya Anda terbiasa dengan format ujian Reading IELTS.


Bagian Speaking

Pada bagian ini, kita akan diwawancarai oleh native speaker. Hal pertama yang harus kita lakuan adalah jangan panik, tenang, dan anggap saja native speaker itu sebagai teman kita.
Akan ada 3 bagian. Bagian pertama mengenai perkenalan, biasanya pertanyaan seputar tempat tinggal, pekerjaan, dan keluarga.
Di bagian kedua, Anda akan diberikan kartu yang berisi daftar pertanyaan. Anda diberikan waktu satu menit mempersiapkan jawaban Anda. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menjawab semua pertanyaan yang ada pada kartu dalam waktu 2 menit.

Di bagian ketiga, pewawancara akan menanyakan pertanyaan yang terkait dengan apa yang telah Anda jawab di bagian kedua. Anda diharapkan untuk dapat menjawabnya sedetail mungkin.

  • Perbanyak penguasaan vocabulary. Anda dapat memulainya dengan banyak membaca dan mengkategorikan vocabulary yang Anda anggap sulit berdasarkan cara penggunaannya kemudian cari maknanya dalam kamus.
  • Perbaiki pengucapan (pronunciation). Anda dapat mendengarkan percakapan bahasa inggris dari film atau tv. Perhatikan bagaimana intonasi atau penekanan sebuah kata yang diucapkan oleh native speaker.
  • Kurangi jeda dalam berbicara. Perbanyak penggunaan kata penghubung antar kata dan antar kalimat agar apa yang disampaikan selalu berada dalam konteks yang sama.
  • Jika Anda kurang memahami pertanyaan dari pewawancara, Anda dapat meminta agar pertanyaannya diulangi kembali dengan mengucapkan “Pardon me?” atau “Could you repeat the question?”.
  • Latihan berbicara dengan merekam suara Anda dan mendengarkannya kembali. Latihan ini bermanfaat untuk mengevaluasi kemampuan Anda dan mengurangi kesalahan yang sekiranya akan Anda buat. Tersedia banyak materi latihan IELTS di internet maupun di toko buku. Pilihlah buku latihan IELTS yang keluaran Cambridge atau Univ. Technology of Sydney

5 responses to “Kiat Sukses IELTS

  1. eascience says:

    makasih ya…

  2. Rizky Akbar says:

    Thanks a lot ya😀

  3. ainita says:

    nuhun ^_^

  4. yogi says:

    infonya sangat bermanfaat. thx

  5. IELTS tips besar, terima kasih untuk berbagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: