Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Islam di Singapura

on February 23, 2010

Sepekan yang lalu alhamdulilah saya berkesempatan untuk mengunjungi sahabat saya yang tinggal di Singapura, namanya Shahfiza karena ia lebih tua saya memanggilnya kak Fiza. Tahun lalu saya juga pernah berkunjung kesana sewaktu saya mengikuti pertukaran pelajar di Malaysia.

Kali ini saya berkunjung dengan adik saya. Saya tidak sengaja bertemu dengan Kak Fiza di Kuala Lumpur sewaktu saya sedang mengurus keperluan di Universitas saya belajar dulu. Saat ini Kak Fiza sedang menyelesaikan thesis masternya , sepertinya memang sudah ditakdirkan untuk bertemu dengannya lagi dan saya pun kembali diajak untuk berkunjung ke rumahnya. Waktu yang ditempuh dari KL ke Singapura sekitar 5 jam dengan bis.

Keluarga kak Fiza tinggal di daerah Southwest, yang mayoritas penduduknya adalah etnis cina. Walaupun begitu di komplek apartemen tempat tinggalnya juga terdapat sebuah masjid.

Dana pembangunan dan pengelolaan masjid itu diperoleh dari potongan penghasilan yang dikenakan ke penduduk muslim di daerah itu. Kak Fiza memberitahukan bahwa di setiap kawasan tempat tinggal terdapat sebuah masjid, walaupun begitu tetap saja tidaklah mudah menemukan masjid atau mushola disana jika dibandingkan dengan di KL. Sempat dua kali saya dan kak Fiza harus shalat di dekat toilet karena tidak adanya fasilitas mushola di sebuah tempat wisata disana.

Tapi sempat juga kami shalat di masjid, salah satunya di masjid yang tertua disana yakni Masjid Sultan.

Masjid Sultan di Kampung Glam, Singapura merupakan masjid pertama yang dibangun di sana. Hingga kini, masjid bersejarah itu masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan asing yang datang ke Singapura. Struktur awal masjid ini dibangun sekitar tahun 1826 oleh masyarakat Jawa yang kebanyakan pedagang awal di Singapura, yang menjalankan aktivitas perdagangan dengan masyarakat Arab, Boyan dan Bugis sebelum kedatangan pedagang-pedagang Tionghoa.

Saat ini terdapat 69 mesjid di Singapura yang dikelola oleh MUIS (Majelis Ugama Islam Singapura). 23 masjid itu dibangun menggunakan Bangunan Masjid dan Mendaki Fund (MBMF). Masjid Al-Mawaddah, beserta dua puluh tiga MBMF masjid  secara resmi dibuka pada Mei 2009.

Saat ini jumlah muslim di Singapura sekitar 15 persen dari jumlah penduduk keseluruhan (sekitar 650 ribu orang dari 3.5 juta jumlah penduduk keseluruhan- sumber: VOA islam). Etnis muslim melayu merupakan etnis terbesar kedua setelah etnis Cina 77 persen, dan ketiga yakni etnis India 8 persen.

Muslim di Singapura mayoritas berasal dari Malaysia. Banyak kesamaan baik dalam tatacara maupun kultur kehidupan diantara muslim di kedua negara tersebut.

Dahulu Singapura merupakan bagian dari Malaysia, sebelum akhirnya berpisah dan mendirikan negaranya sendiri pada tahun 1965. Berdasarkan sumber sejarah sultan kerajaan Melayu dahulu sempat menguasai negeri Singapura hingga tahun 1835 Masehi.

Terdapat 6 buah madrasah Islam di Singapura, diantaranya madrasah Al-Irsyad Al-Islamiah, madrasah Al-Maarif Al-Islamiah, madrasah Alsagoff Al-Islamiah, madrasah Aljunied Al-Islamiah, madrasah Al-Arabiah Al-Islamiah, dan madrasah Wak Tanjong Al-Islamiah. Kak Fiza bersekolah di madrasah Al-Maarif Al-Islamiah sewaktu SMA dan madrasah Alsagoff Al-Islamiah sewaktu ia SMP.
Untuk negara non muslim, Singapura tergolong mudah untuk mencari makanan halal. Biasanya di food court-food court, ada 1-2 kedai makanan halal (Malay/Indian) dan kebanyakan restoran fastfood disana menyediakan makanan halal.


2 responses to “Islam di Singapura

  1. Nur hasnah says:

    Benar menakjubka agama islam, dimana-mana ada saja peninggalan sejarah islam dan menjadi daya tarik bagi setiap orang dari kalngan lain untuk mengetahuinya. Dan satuhal presiden sebelum Pm sekarang adalah orang Minang lo

  2. Fahrul says:

    Assalamu`alaikum boleh saya ambil kisah anda ini `tuk menjadi langkah dakeah islam kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: