Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Education for All!

on April 20, 2010

Kenapa saya memberi judul diatas? karena saya meyakini bahwa pendidikan memang merupakan hak setiap makhluk hidup , kaya ataupun miskin,  tetap semua berhak mendapatkan pendidikan terutama akses terhadap pendidikan yang berkualitas.

Saya bersyukur mendapat kesempatan untuk membaca dua buku yang mengisahkan tentang perjuangan membuka akses pendidikan berkualitas untuk masyarakat yang tidak mampu mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan.

Buku pertama tentang KIPP (Knowledge is Power Program) yang merupakan sebuah sekolah alternatif bagi siswa sekolah dasar dan menengah di US. Program ini diprakarsai oleh dua sahabat, David Levin dan Mike Feinberg. Buku kedua menceritakan tentang pendirian TK Batutis Baitul Ilmi, sebuah TK bagi para anak-anak dhuafa di daerah Bekasi. Kisah- kisah itu makin menginspirasi saya untuk setidaknya meneladani perjuangan mereka dengan berusaha semampu yang saya bisa lakukan saat ini  untuk memberikan kesempatan memperoleh pendidikan berkualitas bagi anak-anak SD atau SMP di dekat tempat tinggal saya.

Dengan bantuan dari beberapa teman, akhirnya kami bisa membuka kursus bahasa Inggris dan komputer bagi anak-anak dhuafa.

Kursus bahasa Inggris dilakukan di rumah teman saya, Ibu Cintia Dewi. Sedangkan kursus komputer dilaksanakan di sebuah warnet, yang setiap minggu pagi kami sewa untuk kursus. Saat ini, alhamdulilah sekitar 30 orang siswa SD dan SMP telah mengikuti kursus yang kami adakan sekitar 3 kali dalam seminggu. Rencananya, kami juga akan membuka kursus matematika tetapi masih dalam proses pembuatan kurikulum.

Ternyata saya menemukan hal yang sangat menyenangkan ketika mengajar anak-anak itu, dan memahami bagaimana mahalnya akses ke pendidikan luar sekolah seperti untuk les bahasa inggris. Di tempat kursus ini mereka hanya membayar Rp 1000-2000 untuk tiap pertemuan. Selain mengadakan kursus bagi anak-anak, kami juga mengadakan pengajian bagi para ibu -ibu mereka yang dilakukan sebulan sekali. Di pengajian itu kami juga mengadakan penjualan beras murah yang dananya diperoleh dari para donatur.  Tiap tiga bulan , kami akan mengadakan acara jalan-jalan atau kunjungan ke luar. Bulan lalu kami melakukan kunjungan sosial ke panti dan acara makan bersama.

“Education is a social process. Education is growth. Education is, not a preparation for life; education is life itself” (John Dewey)


3 responses to “Education for All!

  1. hening says:

    huaaaahh… keren banget pus!!! gw pgn bgt bisa bikin program kayak gitu jg. someday, insya Allah😀

  2. akeminissa says:

    Amiin insya Allah pasti bisa Ning, semoga makin banyak yang tergerak untuk membantu kaum dhuafa memperoleh pendidikan berkualitas : )

  3. Silence Heart says:

    quotenya bagus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: