Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Ramadhan in UM

on August 23, 2010

Ramadhan ini pertama kali di negeri orang ,, nggak terlalu kerasa sih bedanya dengan ramadhan di tanah air karena kebiasaan disini juga relatif sama dengan di Indo, tapi karena saat ini saya kuliah yang setiap pulang baru setelah isya jadi buka puasa keseringan di kampus, alhamdulilah semua dosen memberikan waktu istirahat yang cukup lama untuk berbuka puasa dianjutkan dengan shalat maghrib.

Senangnya memiliki teman-teman kuliah yang senang berbagi makanan untuk berbuka😛, hampir setiap istirahat kuliah teman-teman saya ini membagi-bagikan makanan gratis berbuka yang enak-enak sekali .

44994_417620482554_708247554_4891279_5308864_n
(ini foto bareng temen-temen saya itu, karena mereka tau saya anak rantau jadi sering dibungkusin makanan sama mereka XD)

Disini setiap hari ada bazaar Ramadhan yang isinya semua jualan makanan & minuman untuk berbuka puasa, biasanya dari jam 3 pedagangnya sudah mulai siap-siap jualan. Yang dijual banyak banget, semua jenis makanan khas sini ada dari mulai laksa utara, bubur lambuk, rujak pasembur, martabak, roti john, es jagung, es keladi, dll.

2108201023021082010231

Di tiap mesjid disini selalu menyajikan hidangan komplit untuk berbuka puasa dari minuman sampai makanan utama seperti nasi, dan setelah shalat tarawih pun disediakan makanan lagi seperti mi goreng, bubur , atau snack yang biasanya disebut “Moreh”, tapi herannya tetep aja bazaar ramadhan itu ramai pembeli padahal di mesjid sudah tersedia makanan gratis hehe, kalo saya pulang kampus biasanya mampir dulu ke mesjid kampus untuk taraweh dan biasanya suka kebagian “Moreh” . Bulan ini pengeluaran untuk masak lumayan ngirit karena saya dan temen sekamar sering cari buka puasa gratis di mesjid-mesjid sekitar kampus *haha*

SP_A0127

masjid putrajaya

Kalo suasana Ramadhan disini nggak terlalu kerasa karena tempat makan tetep aja pada buka dengan bebas dan banyak yang tetap makan minum di jalan , toleransi beragama masih lebih terlihat di tempat kita deh.

Disini juga nggak setiap masjid ada ceramah waktu shalat taraweh, mungkin karena mayoritas disini sampai 21 raka’at tapi saya biasanya ikutan sampai 8 raka’at setelah itu pulang deh soalnya takut kemaleman , itu aja biasanya jam 10 sampe rumah karena taraweh baru mulai jam 9 disini.

Pekan lalu sempet mampir shalat taraweh di Masjid Putra , Putrajaya. Disana ramai sekali kalau tiba waktu shalat  taraweh karena biasanya banyak jama’ah yang datang dari berbagai tempat.


(suasana di masjid putrajaya)

Ada satu berkah Ramadhan yang saya terima di tahun ini, alhamdulilah beasiswa kuliah yang saya ajukan diterima ,  bener2 berkah Ramadhan😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: