Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

A Trip to the Island of Gecko

on January 20, 2011

*Gecko is a symbol of luck in Lombok
Tulisan tentang perjalanan liburan keluarga selama tiga hari dua malam ini ditujukan untuk kedua sahabat saya Leni dan Sidik yang insya Allah akan berbulan madu ke Lombok bulan depan.
IMG00228-20110103-1539

Bandara Selaparang, Mataram

Perjalanan dimulai ketika kami mendarat di Bandara Selaparang, Mataram. Kira-kira butuh waktu 1 jam 45 Menit dari Jakarta plus 1,5 jam menunggu pesawat kedatangan pesawat yang delay. Karena sampai sana sudah sore, hari pertama di Lombok belum bisa jalan-jalan ke tempat wisata. Saya langsung menuju ke hotel dan jalan-jalan di pantai sekitar hotel (btw, hotel ini recommended banget untuk travellers yang bawa suami/istri/keluarga karena kamarnya yang cukup besar dan harganya tidak terlalu mahal).

Hotel ini terletak di pinggir pantai yang paling terkenal di Lombok, Senggigi. Selain hotel ini, masih banyak tersediia resort atau hotel khas backpacker di sepanjang jalan dekat pantai. Dari bandara dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan mobil untuk menuju ke daerah Senggigi ini.

Peta Lokasi Hotel

Hari itu kami sempat mencicipi lezatnya masakan khas Lombok yang namanya Plecing Kangkung (wajib dicoba untuk yang doyan wisata kuliner).
Plecing Kangkung Lombok

Plecing Kangkung Khas Lombok

Ada lagi masakan khas Lombok yang maknyus😛, Ayam Taliwang (the best roasted chicken ever :p )

Ayam Taliwang

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok

Hari Kedua
Setelah sarapan di Hotel, kami memulai untuk mengeksplorasi tandingannya pulau dewata ini . Perjalanan dimulai sekitar pukul 9 pagi, target hari ini adalah Pantai Gili Trawangan. Untuk menuju ke Bangsal (pelabuhan untuk transfer kapal ke pulau Gili) dibutuhkan waktu 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi (kami menyewa mobil beserta sopir, kira2 biayanya 500 ribu untuk 3 hari).

Dari Bangsal, kami menyewa kapal motor(biayanya sekitar Rp 200.000 untuk PP)untuk mengangkut kami ke Gili Trawangan. Setelah sampai di Gili Trawangan,yang nampak di sepanjang jalan di pinggir pantai kebanyakan para turis asing yang lalu-lalang sambil bersepeda atau bersiap untuk diving.

Untuk para pecinta dunia menyelam bawah laut, Gili Trawangan merupakan salah satu surganya. Hal ini terbukti dengan banyaknya usaha yang menyediakan jasa penyewaan kapal dan alat-alat diving disana. Untuk menyewa alat Snorkling biayanya sekitar Rp 100.00, untuk Diving biayanya Rp 300-400 ribu sudah termasuk biaya sewa kapal ke tengah laut.

Penyewaan Alat SnoorklingPenyewaan Alat Snorkling di Gili Trawangan


Paket wisata di Gili

Papan Daftar Paket Wisata di Gili

Selain bisa Snorkling atau Diving, pengunjung dapat juga menyewa kapal yang memiliki bagian bawah kaca (biaya Rp 100.000 per orang) untuk melihat keindahan bawah laut disana. Pengunjung juga dapat menyewa kapal untuk menuju ke Pulau Bali.Kebanyakan turis asing merupakan turis yang berasal dari Bali dan menyewa kapal ke Gili Trawangan

Hari Ketiga

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Desa Wisata penduduk suku Sasak. Sekitar 85% penduduk Lombok adalah keturunan suku ini. Dari kebudayaannya cukup mirip dengan suku yang ada di Bali tetapi bedanya suku ini memeluk agama Islam bukan Hindu. Desa Wisata ini merupakan bagian dari proyek PNPM pemerintah yang berupaya untuk menggerakkan perekonomian di desa ini melalui wisata budaya yang ditawarkan.
IMG00179-20110103-1056

Desa Wisata Suku Sasak

Tiap kelompok pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu yang merupakan penduduk asli dari Desa Sasak. Konon katanya di desa ini jika ada seorang pemuda yang ingin meminang seorang gadis maka ia diharuskan untuk menculik si gadis tersebut agar memperoleh ijin dari orangtua si gadis.(ckckck…). Kami mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam rumah khas suku Sasak yang memiliki atap depan yang sangat rendah (turis asing yang badannya tinggi wajib merunduk untuk dapat memasuki tempat ini). Kami sempat berbincang dengan seorang nenek yang memamerkan ketrampilannya membuat sirih yang menjadi kebiasaan para wanita disana.

Sirih khas Sasak
Anak-anak di desa Sasak

Anak-anak di Desa Suku Sasak

Tur keliling desa diakhiri dengan mengunjungi sebuah rumah yang menawarkan hasil kerajinan yang dibuat para penduduk.
Kerajinan Rotan Khas Sasak

Tenun Khas Sasak

Kerajinan khas Sasak

Hasil Kerajinan Penduduk Desa Suku Sasak

Galeri Kerajinan Lombok
Di galeri ini para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan tenun dan batik khas Lombok.
Pengunjung juga dapat langsung mencoba menggunakan alat tenun dan mempelajari teknik membuat kain tenun langsung dari para pengrajin.

Selain itu pengunjung juga dapat mencoba bagaimana menggunakan canting untuk membuat pola-pola pada kain batik.
Berbagai jenis kerajinan dijual di galeri ini mulai dari lukisan, kain tenun, batik,patung, furnitur, juga perhiasan dari mutiara.

IMG00153-20110103-0910

Salah seorang Pengrajin  sedang mengajari saya bagaimana membuat kain Tenun

Pantai Kuta

Sorenya kami menyempatkan untuk mengunjungi salah satu Pantai terindah di Pulau ini, Pantai Kuta. Jadi nggak cuma Bali yang punya Pantai Kuta, di Lombok juga ada lho. Jika dibandingkan dengan Senggigi, Pantai Kuta ini jauh lebih sedikit pengunjungnya tapi keindahannya nggak kalah dengan Senggigi. Kalau ingin menikmati keindahan pantai sekelas Bali dengan suasana yang tenang dan tentram, tempat ini highly recommended deh!
Kuta, Lombok

Kuta, Lombok

Kuta, Lombok

Pemandangan di sekitar Pantai Kuta, Lombok

Akhirnya sudah tiba waktunya untuk kembali ke Jakarta, kami langsung menuju ke Bandara Selaparang dan menunggu pesawat tujuan Jakarta. oh ya sebelum pulang kami mampir dulu untuk membeli oleh-oleh khas Lombok seperti kerajinan mutiara dan kain tenun.


One response to “A Trip to the Island of Gecko

  1. krishnoy says:

    waaaahh..jadi pengen ke lombok..indonesia emang cantik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: