Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

a Newbie in Geneve

on May 10, 2011

Long time ago…. saya pernah punya impian mau kerja di kantor PBB dan beneran nggak nyangka
kalau mimpi ini jadi kenyataan.
Meski judulnya cuma magang tapi tetep aja namanya kerja juga disana.
Jadi untuk dapet kesempatan magang itu jalurnya ada dua , ada yang official dan yang langsung direkrut dari officernya. Kalau saya masuk dari jalur yang kedua, jadi biasanya infonya ada di web unjobs.org.
Proses untuk bisa diterima lumayan mudah soalnya kalau magang di UN itu biasanya nggak dibayar dan yang penting harus sedang menempuh pendidikan Master/S2. Jadi kalau kita ada bukti dukungan finansial yang mencukupi dari kampus atau dari keluarga itu udah kemungkinan besar bisa diterima disini. Syaratnya ada surat rekomendasi dari kampus, dari professor di kampus yang kita kenal, terus isi form P11 yang ada di webnya UN.
Awal tiba di Geneva status saya masih homeless alias belum punya akomodasi tetap jadi sementara tinggal di hostel yang udah saya book lewat internet.  Jadi bulan Mei-Juni biasanya hostel , hotel disini fully booked karena banyak yang mau liburan kesini.

Tempat tinggal saya deket banget ke wilayah Perancis, tinggal jalan 10 menit juga udah di wilayah negara yang berbeda. Jadi semua harga barang di toko deket flat harganya dalam Euro bukan dalam Franc.
Harga barang-barang pastinya lebih murah di deket perancis daripada di tengah Geneva .  Kalau untuk makanan halal cukup mudah mencarinya disini karena lumayan banyak muslim yang tinggal di daerah ini, yang pakai jilbab juga banyak lho disini. Kalau biasanya saya masak seadanya ya maklum ngirit biaya hidup tinggi banget terutama untuk tempat tinggal yang biayanya sepuluh kali lipat sewa kamar saya yang di Malaysia. Hampir semua orang disini pake bahasa Perancis, modal bahasa perancis saya dikit banget sisa-sisa dulu belajar di SMA sama kursus privat kilat sama temen yang  kuliah di Sastra Perancis, jadi kemana-mana harus bawa buku dan kamus bahasa perancis dasar.

Di UN itu tiap musim pasti ada banyak mahasiswa dari berbagai macam negara yang magang disini,
saya baru kenal beberapa teman magang juga yang berasal dari Amrik, Ethiopia, dan India. Pegawai di tempat saya magang baik dan welcome banget sama anak magang. Waktu hari pertama semua diundang lunch buat menyambut dan kenalan sama anak magang baru . Ruang kerja di kantor pemandangannya bagus banget bisa lihat Mont Blanc jadi kalau lagi pusing sama kerjaan tinggal lihat pemandangan di luar deh biar fresh lagi.. 

 

bendera semua negara anggota PBB

IMG_0344

Badge identitas semua pegawai di UN, wajib dibawa tiap mau masuk gerbangIMG_0337

Gerbang utama Palace des Nations
IMG_0343

Yang paling tepat untuk dateng ke Geneva buat magang ya pas bulan Mei atau Juni karena pemandangannya lagi bagus. Foto-foto yang saya ambil waktu jalan-jalan keliling kota, kotanya kecil jadi jalan sejam aja udah bisa keliling ke beberapa tempat.

IMG_0265

So awesome

IMG_0245

 

 

 

IMG_0264

IMG_0244

 


6 responses to “a Newbie in Geneve

  1. Leni says:

    Aaaa keren…
    Terharu :’)
    Mimpi jadi nyata ya pus hehehe..
    Mantap pus, semoga lancar di sana yaaa ^_^

  2. hening says:

    mantap pus.. kerjaannya di sana ngapain pus?

  3. Author says:

    @Leni: Alhamdulillah kesampean juga Len
    @Hening : kerjaan bantuin bagian IT nya integrasi sistem baru gitu Ning

  4. ilmanakbar says:

    huaah! thanks for sharing, inspiring!😀

    btw pus, ganti dong ‘Display name publicly as’-nya di halaman profil WordPressnya. biar namanya ga ‘Author’ begitu😛

  5. Puspa says:

    @Ilman : Done, udah diganti namanya nggak Author lagi, sebelumnya diganti krn gw ada beberapa blog di wordpress jadi mau anonymous gitu tadinya hehehe

  6. Waaah….., keren Puspa.

    Jadi PANAS ini…..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: