Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

J’ai besoin apprendre le français

on May 27, 2011

Setelah hampir sebulan tinggal di kota yang mayoritas ‘French speaking’ ini, saya merasa bahwa penting sekali untuk belajar bahasa Perancis. Setidaknya saya bisa paham tulisan-tulisan yang ada di iklan pinggir jalan, membalas sapaan orang yang menyapa saya, menanyakan tempat atau harga suatu barang.

Sewaktu di SMA dan juga setahun lalu saya pernah kursus bahasa ini tapi cuma beberapa bulan setelah itu nggak pernah dipelajarin lagi hingga sekarang saya merasa PERLU sekali untuk mengulang kembali apa yang pernah saya pelajari juga menambah kosakata baru.

Berbeda sekali dengan waktu belajar bahasa Inggris yang sudah dipelajarin dari jaman kecil jadi belajar bahasa dari dasar sekali seperti ini merupakan tantangan yang cukup berat. Dari mulai belajar nama-nama hari, angka, tanggal, jam, sampai gimana saat yang tepat mengucapkan kata -kata seperti Voila , D’accord, S’il Vous Plait, dsb.

Modal belajarnya : beberapa buku materi bahasa Perancis dasar, kamus Inggris-Perancis, Indonesia-Perancis, modul yang dapat waktu kursus dulu, plus file-file audio yang berisi percakapan native speaker.
learning french


Metode belajarnya setiap pagi sebelum berangkat ke kantor minimal belajar setengah jam untuk menghabiskan satu bab dan menghafalkan 10 kosakata baru.

Sepertinya memang bener kalau kita mau menguasai suatu bahasa adalah dengan tinggal di tempat dimana bahasa itu digunakan, dan lagi-lagi alasannya adalah karena kita dituntut oleh lingkungan sekitar untuk bisa beradaptasi dengan mereka . Konsekuensinya kalau nggak mencoba berkomunikasi dengan bahasa mereka yang saya alami seperti merasa dibedakan misalnya sewaktu kita belanja menanyakan barang, penjualnya akan lebih ramah kalau kita menanyakannya dalam bahasa Perancis. Hmm pernah waktu itu ketemu penjual toko yang sama sekali nggak bisa bahasa Inggris jadi beneran kerasa ‘menderita’-nya kalau orang lain nggak mengerti apa yang kita maksud.

Semoga dua bulan ke depan kemampuan bahasa Perancis saya membaik dan semua yang pernah saya pelajarin dulu bisa kembali digunakan. oh ya.. setiap weekend saya coba praktik sama temen orang Indonesia yang hampir seumur hidup tinggal disini, sebagai gantinya dia minta saya ngajarin dia membaca Iqro karena dia pengen banget bisa baca Qur’an jadi sembari cari ilmu sekalian mengamalkan ilmu deh.


3 responses to “J’ai besoin apprendre le français

  1. nia says:

    visit ya, gue lagi belajar juga nih🙂
    http://bestfrenchforever.blogspot.com/

  2. Sidicx says:

    Kalo katanya Mia, di Prancis emang orang-orangnya ‘songong’, cuma mau ngobrol pake french aja.. kalo pake English suka nggak dianggap, hehe

  3. Puspa says:

    @Sidicx : Iya mereka merasa kalo berkunjung ke negara mereka ya harus ngerti bahasa Perancis, bahkan pernah ada yang sebenernya ngerti b Inggris tapi tetep jawab pake b.prancis

Leave a Reply

