Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Sense of Community

on June 4, 2011

Menurut McMillan & Chavis (1986)  “Sense of Community adalah perasaan dimana sekelompok orang merasa saling memiliki, dan merasa saling ketergantungan satu sama lain, dan percaya bahwa kebutuhan mereka akan terpenuhi melalui komitmen kebersamaan. “Sense of Community” ini menjadi semakin kuat kalau sekelompok orang tersebut berada jauh dari negeri asal mereka karena ketergantungan dan kebutuhan itu menjadi semakin kuat. Begitulah “Sense of Community” yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia disini.

Akhir pekan lalu akhirnya bisa ikutan acara pengajian bulanan yang diadakan di PTRI Geneva. PTRI(Perwakilan Tetap RI) itu institusi Deplu yang hanya berada di negara-negara yang memiliki markas PBB seperti di New York dan di Geneva. Jadi orang-orang yang bekerja disana memang para staff departemen luar negeri RI yang ditugaskan disini.

IMG_0543

Gedung PTRI


Acara seperti ini menjadi acara yang sangat menyenangkan untuk seorang mahasiswa sebatang kara yang hidup di kota termahal kelima di dunia yang harus mikir dua kali untuk membeli sekilo beras atau sepotong ayam (lebay abis..) karena di acara seperti ini pasti ada terhidang berbagai makanan khas Indonesia. Hihi bahagia banget akhirnya ketemu nasi uduk, ayam goreng, kerupuk, dll.

IMG_0518

Makanan waktu di acara

Setelah kontak -kontak beberapa orang Indonesia via FB, email, dll, akhirnya dapet juga undangan untuk bergabung dengan acara-acara komunitas Indonesia disini. Ternyata acara seperti ini selalu diadakan tiap bulan dan terbuka untuk semua orang Indonesia yang tinggal di Geneva. Alors… kapan lagi bisa nemu Nasi Kuning dan Nasi Uduk di Geneva sekalian menjalin silahturahim.

Selain materi yang disampaikan oleh Pak Ustad yang juga staff di KBRI, hari itu kedatangan pembicara istimewa, Prof. Quraish Shihab. Beliau ternyata sedang mengadakan tur keliling Eropa dan bertepatan sekali hari itu beliau mengunjungi Geneva jadinya beliau diminta mengisi kajian. Waktu di Indonesia belum pernah ketemu beliau, ketemunya kok malah di Geneva. Kajian yang beliau sampaikan cukup menarik karena bentuknya tanya jawab seputar kehidupan sehari-hari para warga Indonesia di Geneva disana.  Satu hal yang banyak dikeluhkan warga disana adalah sulitnya memberikan pendidikan keislaman ke anak-anak mereka karena lingkungan yang tidak kondusif  dan sekuler disana.

IMG_0514

Pak Ustad sedang menyampaikan ceramahnya

IMG_0533

Pak Quraish Shihab sedang menjawab pertanyaan para hadirin

IMG_0536
Foto bareng sama Pak Quraish Shihab

Selain acara di PTRI juga saya sering diundang ke rumah beberapa orang Indonesia yang saya kenal disini, yang pertama Ibu rumah tangga dengan dua anak, yang kedua mbak-mbak yang ternyata rumahnya nggak jauh dari rumah saya di Bekasi,  lucu juga ketemunya malah di Geneva. Ibu yang pertama saya kenal dari FB, beliau udah disini lebih dari 30 tahun jadi kalau ke rumahnya semua pada pake bahasa Perancis tapi beliau tiap tahun selalu mengusahakan untuk pulang ke Jakarta. Anaknya si Ibu itu yang jadi guru les bahasa Prancis saya disini. Yang kedua, namanya mba Eni, jago banget masak, disini dia kerja di toko Pastry, jadi tiap kesana pasti banyak kue-kue :9. Terakhir kesana dia buat Bakso dan Rendang, bahagia banget deh kalau pulang dari sana karena selalu dibungkusin (asik..asik…)


One response to “Sense of Community

  1. ya allah saya pengen banget ikutan, ini email saya smartgal4eva@yahoo.com gimana caranya ikutan acara ini? makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: