Inspiration of Life

Cerita tentang Harapan ..Impian..dari seorang Puspa Setia Pratiwi

Sharing Tips Apply Visa

on July 1, 2009

Beberapa hari ini ada seorang teman yang menanyakan tentang pembuatan visa ke saya, ternyata dia takut kalo di kedutaan tempat membuat visa itu ia akan mengalami berbagai kesulitan…terutama masalah komunikasi. Sebenarnya kebanyakan pegawai di kedutaan adalah orang Indonesia,
jadi nggak perlu takut gitu kalo misalnya kita mau ke Jepang trus takut kalo disana dilayani oleh orang jepang yang ngga bisa bahasa Indonesia..tenang aja pasti orang kedutaan itu harus bisa berbahasa lokal negara tempat kedutaan itu berada.

Alhamdulilah setelah memiliki beberapa cap visa di paspor bisa nih sharing-sharing pengalaman ini, terutama tentang jenis visa yang pernah saya apply, diantaranya visa pelajar dan visa schengen.

Kalau misalnya kita akan belajar di suatu negara selama lebih dari dua bulan kita perlu apply yang namanya visa pelajar. Visa pelajar di tiap negara harganya tentu bervariasi, kalo ke Malaysia harganya sekitar Rp.500 ribu. Nah kalau kita cuma mau berkunjung kurang dari dua bulan ke negara-negara kawasan ASEAN kita nggak perlu apply visa, jadi udah ada perjanjian bebas visa antar negara-negara ASEAN itu.
Visa pelajar bisa berlaku selama satu tahun dan bisa digunakan oleh keluarga kita yang juga ikut menemani kita belajar, misal kalo ada yang udah bersuami/beristri dan memiliki anak, visa pelajar itu juga berlaku untuk suami/istri dan anaknya. Jadi one visa for all the family.

Oh ya kenapa sih kita perlu visa? pertanyaan yang bagus dan simple..
visa tuh ibarat ijin kita untuk memasuki suatu negara jadi jangan sampe kita dianggap pendatang ilegal disana..belum lagi kalo sampe diinterogasi
oleh pertugas imigrasinya.

Masih tentang visa pelajar..jadi visa pelajar itu harus terus diperbaharui selama kita masih terdaftar menjadi mahasiswa di universitas negara tersebut. Jadi tiap tahun harus selalu diperbaharui. Saya punya teman yang nggak mempebaharui visa pelajarnya selama setahun, jadi setelah lulus dia nggak langsung pulang ke tanah air tapi cari kerja dulu dan alhasil suatu hari ketika ada pemeriksaan identitas mendadak di kereta, dia ditangkap dan harus berurusan dengan polisi. Kejadian seperti itu nggak hanya akan menyulitkan kita tapi juga membuat buruk citra KBRI/KJRI di negara tersebut.

Yang berikutnya tentang visa schengen…ini merupakan visa yang kita perlukan ketika kita akan ke negara-negara anggota uni-eropa. Harga visa schengen sekitar 60 euro atau Rp 890ribu. Tempat untuk apply visa ini di kedubes negara eropa tujuan utama kita.

Proses pembuatan visa ini sekitar 2 minggu. Syarat-syaratnya fotokopi paspor, tiket pesawat,surat undangan acara(kalo kita disana menghadiri acara tertentu), surat asuransi (siapa yg menjamin akomodasi & makan kita), pas foto, dan surat ekomendasi dari tempat kita belajar/bekerja.

Nah mengenai surat asuransi kalo disana kehidupan kita ditanggung oleh organisasi yang mengundang kita kesana pasti mereka akan memberikan kita suraasuransi.

Kalo misalnya kita hanya bertujuan untuk berlibur kesana, kita harus nunjukkin bukti booking hotel dan rekening tabungan kita sebesar min Rp 20 juta(boleh pake rekening orangtua, tapi lengkapi dengan bukti kartu keluarga).

Kalo mau mudah apply visa schengen memang sebaiknya kita sudah memiliki surat undangan dari suatu organisasi, alhamdulilah
waktu itu saya dapat surat undangan dan surat asuransi selama kegiatan acara saya berlangsung.

Nah kalo misalnya kita ingin memperpanjang waktu disana padahal kegiatan acara sudah selesai, kita perlu menunjukkan bukti2 booking hotel atau surat dari tempat kita menginap (misal dari sodara/teman kalo kita akan menginap di tempat mereka)

hmm…sebenarnya nggak sulit koq…memang lebih baik ada suatu purpose yang jelas kalo kita ke suatu negara karena itu akan sangat memudahkan kita dalam apply visa. Kalo mau informasi lengkap bisa berkunjung ke web Kedubes negara yang akan kita kunjungi.

Selamat mencoba untuk meng-apply visa!


14 responses to “Sharing Tips Apply Visa

  1. suharjono says:

    jadi pengen berlibur ke luar… tapi harus punya 20 juta dulu ya..😀

  2. akeminissa says:

    nggak juga koq..itu kalo kita belom booking tempat tinggal, kalo misalnya ada temen yg bisa ngasih tempat tinggal bisa juga koq…bisa juga tuh numpang dulu disana, tinggal minta dibuatin surat pernyataan aja..

  3. akeminissa says:

    oh iya yg diatas itu berlaku untuk apply visa schengen ya..kalo visa ke negara-negara ain pasti syaratnya bisa berbeda

  4. fe says:

    hallo mau nanya dong, kl tunangan saya org german apa aja yg dibutuhkan untuk apply visa turis buat saya? apakah harus ada pernyataan resmi dia invite saya or pernyataan tertulis dr dia and bank acc dia aja sudah cukup ? mengenai asuransi apakah asuransi dia jg perlu atau cukup saya aja asuransinya ?
    thx

  5. fe says:

    kalo untuk visit harus bisa bahasa jerman ga? syarat2 doc yg dibutuhin apa aja, tunangan saya org jerman rencana mau invite saya kesana.

  6. akeminissa says:

    Hai ve, sepertinya butuh surat invite dr dia & fotokopi bank account kamu (min 20 jt). kalo asuransi kamu hrs beli travel insurance, bisa bei di travel(biasanya pake AIG insurance). gak perlu bisa bahasa jerman koq.

  7. neldasays says:

    Hai…mau koreksi dikit…:)
    “Misal kita mau ke Jerman trus pesawatnya transit di dubai, jadinya kita apply dua visa yaitu visa schengen ke kedubes Jerman & visa transit ke kedubes qatar.” — Kalo mau ke Dubai, nggak bikin visa ke Qatar, negaranya beda itu:)

  8. akeminissa says:

    Thanks mba Nelda atas koreksinya

  9. Joel says:

    Saya barusan ke Jerman transit lewat Dubai, nggak perlu tuh visa Dubai (UEA), orang cuman di bandara aja kok.

  10. Joel says:

    Saya barusan aja ke Jerman, pesawat transit lewat bandara Dubai, nggak perlu tuh ngurus visa transit Dubai (UEA) ke kedubes negara tersebut, orang cuman di Bandara aja kok.

  11. akeminissa says:

    ok trims atas masukannya, sudah saya koreksi tulisannya

  12. Karima says:

    Hai mau nanya dong, aku rencananya mau berangkat ke jerman juli ini dan aku dpt visanya cuma sekitar 1 bulan aja. Pertanyaanku kalo visa schengen utk turis bisa diperpanjang ngga ya dr pihak imigrasi/kemlu disana? Soalnya aku pernah baca ada yg bisa tapi mayoritas bilangnya kalo visa turis ngga bisa diperpanjang. Aku pengen visa 1 bulanku diperpanjang jadi 3 bulan hahaha. Kira2 possible ngga ya?

    Thanks!

  13. stella says:

    Halo, saya mau nanya ni, kalo mau invite temen ke jerman, surat pernyataannyaa seperti apa dan itu harus di kirim ke indo atau bagaimana? Trims

  14. rika says:

    halo salam kenal, suami saya kerja d dubai, dia mau sponsorin saya u ikut tinggal d sana, saya mau urus visa k kedubes uae di jkt, tp koq kata operatornya hrs lwt agen travel, apa itu krja sama mrk aja biar dpt tmbhn uang atau memang hrs bgtu< sulit ga yah u dpt visanya< saya jg ada anak 1 thn. oya syaratnya apa saja ya, klo saya g punya rek tabungan tp pny nya rek suami bisa g ya? or saya hrs buat rek dulu. maaf panjang banet pertanyaannya< mohon bantuan penjelasannya. trmksh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: